Jumat, 03 Februari 2012

Takut

Takut merupakan bentuk ibadah hati yang memiliki kedudukan agung dan mulia di dalam agama bahkan mencakup seluruh jenis ibadah. Takut adalah salah satu dari rukun ibadah dan merupakan syarat iman.
Disamping memiliki kedudukan yang tinggi dalam agama, Takut juga merupakan salah satu dari perintah-perintah ALLAH SWT kepada umat Islam, sebagaimana dalam firman-Nya;

"Sesungguhnya mereka itu tidak lain adalah setan dengan kawan-kawannya yang menakut-nakuti (kamu), karena itu janganlah kalian takut kepada mereka tetapi takutlah kepadaKu jika kalian benar-benar orang yang beriman."
{QS. Ali Imran:175}


"Maka janganlah kalian takut kepada manusia dan takutlah kalian kepadaKu."
{QS. Al-Maidah:44}


Dari kedua ayat di atas maka sungguh sangat jelas bahwa takut itu termasuk sebagian dari ibadah karena merupakan perintah dari ALLAH.
dan ALLAH tidak akan memerintahkan melainkan untuk suatu kemuliaan.

As-Syaikh Abdurrahman bin Hasan bin Muhammad bin Abdul Wahhab ra. dalam kitab beliau 'Fathul Majid' mengatakan;
"Takut berkedudukan tinggi dan mulia di dalam agama dan termasuk jenis ibadah yang banyak cakupannya yang wajib hanya diberikan kepada ALLAH SWT."

Adapun dalil-dalil yang menegaskan bahwa Takut merupakan ibadah adalah:


ALLAH SWT berfirman;

"Mereka (Malaikat) takut kepada Rabb mereka dan melakukan apa yang diperintahkan kepada mereka."
{QS. An-Nahl:50}


"Orang-orang yang menyampaikan risalah ALLAH mereka takut kepada-Nya dan mereka tidak merasa takut kepada seorang pun selain kepada ALLAH. Dan cukuplah ALLAH sebagai pembuat perhitungan."
{QS. Al-Ahzab:39}


"Maka janganlah kalian takut kepada mereka dan takutlah kalian kepada-Ku."
{QS. Al-Baqarah:150}



Adapun dari Sunnah Rasulullah saw. Beliau bersabda;

"Tujuh golongan orang yang akan mendapatkan perlindungan pada hari yang tidak ada perlindungan kecuali perlindungan dari ALLAH, diantaranya seorang hamba yang 'diajak' oleh seorang wanita yang memiliki kedudukan dan kecantikan, dan dia mengatakan: 'Aku takut kepada ALLAH'."
{Shahih, HR. Al-Bukhari no.629 dan Muslim no.1031 dari hadits Abu Hurairah}


Syaddad bin Aus ra. mengatakan: telah berkata Rasulullah saw. bahwa ALLAH SWT telah berfirman:

"Demi kemuliaan dan keagungan-Ku, Aku tidak akan menghimpun pada diri hamba-hamba-Ku dua rasa aman dan dua rasa takut. Jika dia merasa aman dari-Ku di dunia, maka Aku akan beri rasa takut pada hari Aku menghimpun hamba-hamba-Ku. Dan jika dia takut kepada-Ku di dunia maka Aku akan berikan rasa aman pada hari Aku menghimpun hamba-hamba-Ku."
{HR. Abu Nu'aim dan dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani di dalam Ash-Shahihah no.742}