Jumat, 20 Mei 2011

Biografi singkat Osama bin Laden.

Osama bin Laden dilahirkan di Riyadh, Saudi Arabia pada tahun 1957.
Dikenal sebagai tokoh utama dibalik aksi-aksi perlawanan terhadap Amerika serikat dan kekuatan Barat lainnya, termasuk pemboman pusat perdagangan kota New York pada tahun 1993, bom bunuh diri pada kapal perang Amerika serikat tahun 2000, dan serangan ke pusat perdagangan dunia di kota New York dan Pentagon dekat Washington D.C tanggal 11 September 2001.
Walaupun ia tidak ada di dalam daftar orang yang melakukan serangan ini, namun ia dianggap Amerika sebagai dalangnya yang paling di cari dan termasuk dalam daftar sebagai sepuluh orang yang paling dicari oleh FBI.


Saat berusia remaja, Osama bin Laden telah bergabung dengan gerakan Konservatif Baru (Ultrakonservatif). Sebuah gerakan politik dalam agama Islam yang sebagiannya mengadopsi pemahaman Sufi, dan ia pernah masuk ke dalam dinas kepolisian yang menegakkan hukum Syari'ah.
Osama menjadi Mahasiswa di Universitas King Abdul Aziz di Jeddah, dimana ia berguru pada salah satu dari antara gurunya yaitu Sheikh Abdullah Azzam.
Sheikh Abdullah Azzam inilah yang kemudian diketahui sebagai sosok yang memainkan peran memobilisasi dukungan bangsa Arab bagi kaum Mujahidin yang berperang melawan pendudukan Uni Soviet atas Afganistan.
Osama bin Laden lulus menyelesaikan studinya dan di wisuda sarjana tahun 1979 dalam bidang ekonomi dan manajemen.


Osama bin Laden mulai membangun jaringan komunikasinya pada tahun 1979 ketika ia berangkat ke Afganistan untuk bergabung dalam milisi perang kaum pejuang Afganistan yang dikenal sebagai kaum Mujahidin yang tetap bertahan dan bertempur melawan Uni Soviet.
Osama menggalang dana melalui jalur-jalur kekayaan dan relasi koneksi keluarganya bagi gerakan pertahanan Afganistan, dan membantu kaum Mujahidin dengan bantuan logistik dan bantuan kemanusiaan.
Osama juga terlibat mengambil bagian dalam beberapa pertempuran selama perang Afganistan.


Ketika peperangan melawan Soviet hampir berakhir. Osama mendirikan gerakan Al Qaeda, Sebuah organisasi para mantan/eks pejuang mujahidin dan para pendukung lainnya yang membantu menyalurkan baik dana maupun para pejuang bagi gerakan pertahanan Afganistan.


Saat Angkatan Militer Soviet menarik mundur pasukannya keluar dari Afganistan, Osama bin Laden pulang kembali ke Arab Saudi dan bergabung bekerja pada perusahaan konstruksi dan bangunan milik keluarga, group perusahaan bin Laden.
Disini ia kemudian terlibat bersama kelompok orang-orang Saudi yang berseberangan dan melawan pemerintahan kerajaan/monarkhi Saudi terhadap keluarga raja Fahd.

Pada tahun 1995 Osama bin Laden membangun infrastruktur di Sudan ketika ia menjalin hubungannya dengan Presiden Umar al Bashir dan DR. Hasan Turabi yang memerintah Sudan.